Apa Itu Investasi dan Jenis Investasi Apa yang Terbaik Untukmu?

 

Apa Itu Investasi

Saat ini, banyak sekali orang tertarik melakukan investasi. Apa itu investasi? Investasi secara umum adalah penanaman dana atau asset yang dilakukan perorangan atau perusahaan untuk jangka waktu tertentu guna memperoleh imbal balik lebih besar di masa mendatang. Dalam aktivitas investasi, ada banyak hal yang terlibat termasuk jumlah dana & tujuan dari investasi itu sendiri.

Pengertian Investasi

Singkatnya, investasi merupakan sebuah cara mengembangkan jumlah harta atau uang yang kamu miliki saat ini. Di sini, kamu bermaksud untuk mendapatkan dana lebih dari keuntungan di masa mendatang untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Misalnya, kamu ingin membangun rumah, membuka usaha, atau menyekolahkan anggota keluarga dari hasil investasi.

Menurut OJK, investasi adalah penanaman modal dalam jangka waktu tertentu untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian surat berharga untuk memeperoleh keuntungan (return).

Pasa Saja Jenis Investasi?

Jenis investasi sangat beragam dan semakin banyak macamnya seiring berkembangnya zaman. Beberapa jenis investasi yang bisa kamu lakukan adalah investasi emas, investasi property, investasi reksa dana, investasi saham, investasi obligasi, investasi valuta asing, investasi cryptocurrency, investasi syariah, dan investasi deposito.

Tips dalam Berinvestasi

Jika kamu mau mencoba mulai berinvestasi, pastikan untuk memperhatikan hal-hal penting di bawah ini:

Memahami resiko yang dapat terjadi sebagai investor & jenis investasi yang dipilih

Mengetahui jumlah modal yang dapat kamu siapkan

Mempertimbangkan jangka waktu investasi

Tidak bertindak spekulatif

Jangan tergesa-gesa. Penting untuk memahami dan melakukan riset mendalam, termasuk tentang instrumen yang paling potensial.

Panduan dalam Berinvestasi

Sebagai tahap awal dalam memulai investasi, fokuslah pada beberapa poin dasar berikut ini:

Punya tujuan yang jelas

Tujuan berinvestasi sangat penting karena jika kamu tak punya tujuan, maka sulit bagi kamu untuk menentukan Langkah yang harus diambil selanjutnya. Tujuan akan sangat berpengaruh pada investasi yang sebaiknya diambil, termasuk di mana kamu ingin berinvestasi, jenis investasi yang dipilih, hingga jangka waktunya.

Persiapan modal

Modal adalah asset atau dana yang kamu punya sekarang. Saat ini, beragam investasi bisa dimulai dengan modal 100 ribuan rupiah atau bahkan kurang. Karena tiap investasi pasti ada resikonya, pastikan untuk tidak menggunakan semua uang untuk berinvestasi. Penting untuk tetap menyisihkan uang untuk kebutuhan sehari-hari dan dana darurat.

Memahami resiko

Segala sesuatu yang berkaitan dengan perputaran uang tak bisa lepas dari faktor untung-rugi. Saat kamu memutuskan untuk mulai melakukan investasi, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah dana, baik untuk memulai maupun untuk proses kedepannya. Yang penting, jangan sampai kamu berhutang untuk melakukan investasi.

Perlu kamu ketahui, ada investasi yang memiliki resiko tinggi, ada pula investasi dengan resiko rendah. Umumnya, imbal balik (return) akan selalu beriringan dengan resiko (risk).

Apa Manfaat Investasi?

Melawan inflasi

Tiap tahun terjadi inflasi sehingga nilai mata uang terus menurun. Jika tak punya investasi, nilai uangmu akan terus tergerus tiap tahunnya. Itulah kenapa kamu perlu punya investasi dengan nilai return lebih tinggi dari inflasi.

Sebagai sumber pemasukan tambahan

Secara tidak langsung, investasi bisa menjadi tambahan sumber pemasukan. Jadi, sebaiknya sisihkan gaji bulananmu untuk melakukan investasi.

Mencapai tujuan finansial dengan lebih cepat

Contohnya, kamu butuh dana 100 juta untuk DP rumah. Dengan menabung 1 juta per bulan, kamu butuh waktu 8 tahunan. Tapi dengan melakukan investasi yang rata-rata imbal baliknya 12% per tahun, tujuan tersebut bisa tercapai kuran dari 6 tahun.

Danai UKM & Dapatkan Bunga 10,5% per Tahun!

Di era digital sekarang, kamu bisa mengembangkan dana dengan cara lain, yakni lewat platform P2P Lending Indonesia. Melalui platform tersebut, kamu dapat memberikan dana sebagai modal kepada UKM yang membutuhkan sekaligus menikmati bunga pinjamannya. Jadi, dana yang diberikan akan diterima lagi beserta bunganya. Melalui platform Akseleran, kamu bisa melakukan investasi P2P Lending  mulai dari 100 ribu rupiah saja. Sudah berizin OJK, keamanannya jelas terjamin. Bunga yang didapatkannya juga lumaya, hingga 10,5% / tahun.

Share:

Resep mie goreng sayur pedas

Mie Goreng Pedas


Mie adalah makanan yang banyak disukai oleh orang indonesia. sekarang ini mie bisa di olah menjadi apa saja, sudah banyak varian masakan yang terbuat dari mie. Mie sendiri di percaya di perkenalkan ke indonesia melaui perdagangan oleh orang tionghoa. Mie juga merupakan salah satu makanan asli tionghoa yang sekarnag ini menjadi bahan makanan yang mendunia. Mie bisa di olah menjadi aneka makanan, di indonesia sendiri makanan berbahan dasar mie sangatlah banyak. makanan berbahan dasar mie yang paling terkenal di indonesia adalah mie goreng, variasi mie gorengpun sangat banyak di indonesia dimulai dari bakmie, mie tektek, mie yamin, mie goreng dengan aneka rasa dan masih banyak lagi. mengolah mie memang sangatlah mudah, untuk kalian yang sedang ingin menyantap mie tetapi bosan dengan olahan yang itu-itu saja, pada artikel kali ini kami akan memberikan resep mie goreng pedas yang berbeda dari resep ini adalah kami menambahkan beberapa sayuran, bisa idkatakan ini adalah resep mie goreng sayur pedas. Untuk kalian yang suka makanan pedas, resep ini adalah resep yang cocok untuk kalian, langsung saja yuk kita lihat resep dan cara membuatnya di bawah ini!  

Bahan-bahan yang digunakan:

- 4 kotak mie telur

- 2 butir telur berukuran besar

- 1 siung bawang merah iris

- 1 cangkir paprika merah iris

- 1 cangkir wortel, dipotong-potong

- 1 cangkir kubis ungu diris kecil

- 2 sdm bawang putih cincang

- 2-3 cabai segar diiris opsional

- 4 sdm daun bawang cincang

- 2 sdm saus tomat

- 2 sdm saus sambal

- 1 sdm kecap asin

- 2 sdm saus schezwan

- 1 sdm cuka

- 2 sdm chilli oil

- 2 sdm minyak untuk memasak

- 1 sdt gula pasir

- garam secukupnya

- merica hitam tumbuk secukupnya

Cara membuat:

1. Dalam mangkuk kecil, campur semua saus dengan gula dan sisihkan 

2. Masak mie sesuai petunjuk, sampai 90% matang. Tiriskan di bawah air dingin, oleskan sedikit minyak dan sisihkan

3. Dalam mangkuk, kocok telur dengan garam dan merica. Tambahkan sedikit minyak ke panci masak kalian dan tuangkan campuran telur 

4. Kocok dan masak telur sampai matang. Angkat dan sisihkan

5. Panaskan minyak lagi dan tambahkan bawang putih dan cabai

6. Setelah menjadi harum, tambahkan semua sayuran, garam, merica dan tumis dengan api besar selama 3-4 menit. 

7. Sekarang, kecilkan api dan tambahkan campuran saus. Campur dengan baik

8. Tambahkan telur orak-arik dan mie. Aduk rata agar saus terlapisi dengan baik

9. Masak selama 5 menit. Taburkan minyak cabai dan cuka, angkat

10. Hiasi dengan daun bawang dan sajikan mie tumis pedas yang lezat, panas dengan irisan jeruk nipis di sampingnya. Nikmati!

Catatan:

- Kalian bisa memilih sayuran yang kalian sukai seperti kacang-kacangan, sawi, kola tau jamur. Kalian juga bisa menambahkan udang atau ayam yang sudah dimasak sebelumnya.

- Berhati-hatilah saat menambahkan garam, jangans ampai terlau banyak. semua saus yang digunakan sudah memiliki rasa asin tersendiri.

- Seimbangkan rasa gula, garam dan bumbu-bumbu lain.

- Menambahkan telur merupakan opsional.

- Sdm: sendok makan

- Sdt: sendok the

Bagaimana sangat mudah bukan cara membuatnya? Langsung saja coba resep kami yuk! Semoga resep mie goreng sayur pedas ini bermanfaat untuk kalian!

 

Share:

Dua Cara Hemat Belanja Bulan Puasa

Tidak terasa hanya sisa seminggu lebih saja lagi kita akan menyambut bulan suci Ramadhan bagi semua umat muslim yang menjalankannya. Bulan suci ramadhan ini menjadi bulan yang spesial untuk semua umat muslim karena pada bulan tersebut kita akan bisa beribadah puasa dan shalat tarawih dalam sebulan penuh. Momen bulan puasa sendiri menjadi momen yang sakral untuk aku pribadi karena selain memang bulan untuk beribadah momen bulan puasa ini juga memiliki banyak kenangan spesial dari mulai puasa saat sekolah, puasa saat di asrama kuliah dan juga momen bangunin orang sahur dan tarawih bareng teman teman saat beberapa tahun dulu. Namun momen momen tarawih barang dan bangunin orang sahur saat ini menurutku sudah sangat langka. Apalagi setelah gadget dan internet makin menguasai pergaulan saat ini orang dan khususnya anak anak dan remaja lebih memilih asyk bermain sosial media dan bermain game online daripada bertemu teman teman dikehidupan nyata. 

Grosir Terigu Murah
Terigu - Bahan Pokok
Waduh jadi ngelindur neh akunya, padahal niat postingan kali ini ingin berbagi tips hemat saat bulan puasa. Baiklah kita kembali ke topik saja ya! Seperti yang kalian ketahui atau kalian alami juga entah kenapa pada saat bulan puasa apalagi menjelang hari raya idul fitri itu aku merasa malah lebih boros daripada hari biasanya. Padahal kan secara logika pada saat berpuasa itu kita hanya makan pada saat sahur dan buka puasa saja kan dibanding pada hari biasa yang bisa makan minum kapan saja yang otomatis bisa mengeluarkan uang untuk beli makanan kapan saja.

Memang sih ada beberapa alasan yang bisa menyebabkan pengeluaran kita pada saat bulan puasa lebih besar daripada hari biasanya seperti harga bahan pokok yang terkadang ada beberapa yang biasanya harganya lebih mahal daripada harga jika kita membeli dihari biasa . Selain itu juga faktor belanja saat lapar bisa menyebabkan kalian lebih boros, pada bulan ramadhan saat ngabuburit sambil mencari makanan untuk berbuka kalian akan sangat rentan dengan yang namanya “lapar mata” sehingga kalian membeli makanan dan minuman yang sangat banyak padahal makanan minuman tersebut tidak bisa kalian habiskan karena kalian sudah kekenyangan.

Tips Cara Hemat Belanja Saat Bulan Puasa


Cara Pertama untuk lebih hemat saat belanja bulan puasa ialah cari diskon atau potongan harga yang biasanya marak diadakan penjual pada saat bulan ramadhan terutama diskon diskon seperti ini sering ada di toko toko online. Memang item atau produk diskonan tidaklah banyak namun tidak ada salahnya kan kalian mencoba mencarinya di toko online lebih dahulu barangkali ada diskonan .

Cara Kedua untuk lebih hemat berbelanja di bulan ramadhan ialah kalian harus berbelanja kepasar sebelum bulan puasa tiba. Karena seperti yang sudah aku sempat bilang diatas tadi kalau kita belanjanya pada saat bulan puasa terkadang barang yang kita beli itu harganya dinaikan oleh para penjual di pasar terutama barang kebutuhan pokok. Nah kalian bisa mensiasatinya dengan belanja barang barang atau keperluan selama satu bulan puasa itu dalam jumlah yang banyak (grosiran) jadi kalian sudah mencukupi kebutuhan kalian selama satu bulan puasa untuk berbuka dan bersahur.

Misal kalian bisa membeli Mie, Sarden, Telur, Gula , Grosir Terigu Murah dan beberapa keperluan pokok lainnya yang tidak mudah basi tersebut dalam jumlah banyak seminggu sebelum bulan puasa atau kalian bisa beli dari sekarang, mumpung bulan puasa masih seminggu lebih kan.

Oh iya selain itu yang terpenting perbanyaklah beribadah dan berbuat baik serta jangan lupa menyiapkan zakat ya teman teman semua. 

Semoga bermanfaat!
Share:

8 Rekomendasi Wisata Kuliner Surabaya

Wisata Kuliner Surabaya

Apa nih yang paling kamu kangenin sehabis liburan ke Surabaya? Tempat atraksinya kah, wisata alamnya, logat Jawa kentalnya, atau mungkin banyaknya pilihan hotel murah Surabaya? Satu yang pasti di kangenin sih ya wisata kulinernya dong, ya.

Nah, sama dengan berbagai daerah di Indonesia, Surabaya juga punya banyak sekali pilihan kuliner yang khas. Maksudnya khas di sini adalah makanan yang memang cuma bisa ditemui di sana atau juga sudah menyebar ke daerah lain namun aslinya ya berasal dari Surabaya.

Kalau Pekalongan kan punya Sego Megono, Jogja punya Tahu Tek, Bandung punya Kupat Tahu, nah Surabaya punya apa? Banyak juga! Berikut ini adalah deretan ragam kuliner khas Surabaya yang direkomendaikan dan dijamin uenake pol!

     Nasi Goreng Jancuk

Mungkin, bagi yang belum tahu tempat wisata kuliner ini akan merasa dilontarkan kata kasar kali, ya. Tenang saja kok, ini cuma nama tempat makan yang recommended di Surabaya. Dari namanya saja mungkin sudah langsung terbayang nih ini nasi goreng rasanya seperti apa. Kalau kamu menebak ini kuliner pedas banget, kamu pintar! Selamat!

Warung nasi goreng ini dengan berani menggunakan slogan “Anda belum sampai di Surabaya jika belum mencoba Nasi Goreng Jancuk”. Memang sih kalau kamu main ke kota itu dan ada teman atau kerabat di sana, pasti akan merekomendasikan kamu untuk mencicipi kuliner yang satu itu.

Level kepedasan yang ditawarkan beragam, mulai dari super pedas, super besar, sampai super jancuk. Kira-kira sudah terbayang belum mau pilih yang mana?

     Lontong Balap Pak Gendut


Ihiy, satu lagi makanan khas Surabaya yang harus kamu coba. Mungkin bagi yang baru pertama kali mendengar nama kuliner ini akan bertanya-tanya apa maksudnya kata balap.

Jadi, sejarahnya adalah kenapa dinamakan lontong balap, jaman dulu kala sejak makanan Ini pertama kali dijajakan para penjual akan memikul dagangan mereka. Nah, karena pikulan mereka berat maka para penjual harus berjalan dengan langkah yang sangat cepat supaya bisa sampai tempat tujuan tanpa harus terlalu lelah. Di sini lah kata balap menjadi asal muasal nama lontong balap. Penjual harus menjajakan dagangannya sambil setengah berlari seperti sedang balapan.
Nah, kalau masyarakat Jakarta kenal dengan ketoprak mungkin akan langsung mengenali lontong balap sebagai kuliner yang sama. Lontong balap ini bukan hanya sekadar lontong yang dibumbui bumbu kacang tapi bumbu kacangnya memiliki wangi yang khas dicampur dengan petis, tahu goreng, lentho, toge, dan semuanya itu disiram dengan kuah kacang yang lezat.

     Rawon Setan Embong Malam

Semua juga tahu kalau rawon adalah makanan yang bersal dari Jawa Timur. Tapi ya tetap rawon ini dicari-cari orang yang sedang berkunjung ke Surabaya. Saking lezatnya, kuliner berwarna hitam pekat ini selalu ramai diburu para penikmat wisata kuliner. Yang menjadikan Rawon Setan Embong Malam terkenal adalah potongan besar daging sepi nan lembut yang tersaji di setiap mangkuk.

     Nasi Krawu

Sarapan di Surabaya paling pas deh makan ini. Meskipun Nasi Krawu menambah daftar kuliner yang bukan asli Surabaya tetap saja jadi makanan khas Surabaya dan diburu mereka yang sedang melancong ke sana. Isinya apa sih? Mulai dari nasi putih, sambal terasi, semur daging, hingga jeroan sapi yang kemudian semua itu ditaburi dengan serundeng nikmat.

     Sate Klopo

Ini bukan kelapa yang dijadikan sate lalu dibakar lho, ya. Tetap sate daging kok. Kenapa dinamakan Sate Klopo, karena daging yang akan dibakar sebelumnya dilumuri bumbu terlebih dahulu dan dibaluri parutan kelapa, baru lah dibakar sampai mengeluarkan bau yang khas. Nikmat sekali ya kalau dibayangkan. Jadi pingin coba ngga?

     Soto Lamongan Cak Har

Berbeda dengan soto lainnya. Kalau mencicipi kuliner yang ada di Jalan Ir. Soekarno, Surabaya ini pasti akan merasakan perbedaan nikmatnya potongan daging dalam kuah soto yang bersantan gurih nan kental.

     Zangrandi

Namanya seperti sebuah film 90 an yang bercerita fiksi berlatar tempat di luar angkasa ya. Tapi ternyata ini adalah nama toko es krim yang menjual aneka versi es krim sebagai makanan penutup di Surabaya.

Sekilas info, toko es krim ini sudah menyegarkan ratusan ribu orang sejak tahun 1993 lho! Makanya, kalau datang ke sini pasti akan langsung disambut dengan desain interior yang super klasik dan juga epik. Kalau kamu suka hal yang retro dan vintage pas banget nih datang ke sini. Lebih pas lagi kalau menginap di  hotel murah Surabaya yang mengusung tema klasik juga.

     Warung Nasi Cumi Jalan Waspada

Apa yang harus diwaspadai coba, ya? Ternyata, penamaan ini diambil dari nama jalan tempat warung ini berdiri. Kalau ke sini paling wajib untuk memesan menu nasi campur dan nasi cumi peyek!

Enaknya pol banget deh. Harganya juga ngga nguras kantong sama sekali. Kalau menginap di hotel Crown Surabaya, makan malam di hari-hari terakhir di Surabaya wajib dilaksanakan di sini deh pokoknya.
Share:

Berapa Harga Kaca 8 mm, 10 mm, dan 12 mm?

 

Harga Kaca 8MM

Salah satu bahan bangunan yang multifungsi yaitu kaca. Kaca hadir dalam berbagai jenis dan ketebalan dengan fungsi masing-masing. Kaca dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat jendela, pintu, meja dan lainnya. Harga kaca tentunya berbeda-beda misalnya harga kaca 5 mm berbeda dengan harga kaca 8 mm

Harga kaca juga tergantung dari ukuran dan jenisnya. Jenis kaca yang biasa digunakan sebagai bahan bangunan antara lain kaca bening untuk aquarium, kaca Rayben, kaca cermin, kaca airbrush, kaca anti radiasi, dan yang paling banyak dijual adalah kaca tempered dengan daya tahan yang lebih kuat. 

Harga Kaca Cermin

Untuk kaca cermin merupakan salah satu jenis kaca dengan keunggulan tersendiri, juga merupakan kaca yang populer di pasaran. Seperti yang kita semua tahu, cermin adalah elemen yang sangat diperlukan di setiap bangunan modern. Harga kaca cermin lebih murah dengan berbagai desain yang unik untuk berbagai kebutuhan. Biasanya kaca cermin dijual per piring atau per meter. Ada juga orang yang menjualnya dengan bingkai. 

Untuk ukuran dimulai dari 2 mm Rp 60.000 hingga 5 mm Rp 90.000. ini untuk harga cermin polos. Ada juga kaca cermin riben degnan harga mulai Rp 80.000 hingga Rp 90.000. untuk kaca cermin inlay mulai Rp 100.000 hingga Rp 150.000 untuk ukuran 5 mm. sedangkan kaca cermin temper memiliki harga yang lebih mahal yaitu Rp 230.000 berukuran 5 mm. 

Keunggulan kaca cermin :

Dekorasi interior rumah, sekolah dan tempat kerja. Cermin biasanya dipasang di meja rias, kamar mandi, lemari pakaian atau meja belajar. Selain fungsi refleksi diri, benda ini juga merupakan salah satu elemen yang membentuk estetika sebuah rumah. Harga kaca cermin per meter relatif murah. Kaca cermin dapat ditambahkan pada dekorasi bingkai agar lebih indah.

Harga Kaca Jendela

harga kaca 10 mm warna dan tipe gores biasanya dijual dalam berbagai desain, semakin besar ukurannya maka semakin mahal harganya. Rak kaca patri/laminasi tebal 5 mm dan tebal 3 mm adalah kaca patri/ukiran yang paling banyak dicari saat ini. Untuk rincian harganya yaitu: 

Kaca jendela inlay 5 mm dan 8 mm berkisar Rp 2,5 jutaan. Kaca jendela partri untuk ukuran standar, patri air brush, dan patri kuningan yaitu Rp 2,1 jutaan hingga Rp 2,7 jutaan dengan ukuran 3 mm. ada juda jenis kaca jendela grafir 3D berukuran 5 mm dan 8 mm dengan kisaran harga Rp 1,5 jutaan. 

Harga kaca jendela grafis airbrush sandblas tersedia ukuran 3 mm hingga 8 mm mulai Rp 1,2 jutaan hingga Rp 1,7 jutaan. Untuk kaca jendela grafis airbrush sandblas cermin 3 mm dan 5 mm yaitu Rp 1,3 jutaan dan Rp 1,6 jutaan. Kaca jendela grafir sandblasting 3 mm, 5 mm, dan 8 mm yaitu mulai Rp 1,2 jutaan hingga Rp 1,8 jutaan. Kaca jendela grafir sandblasting kaca jendela cermin 5 mm dan 8 mm yaitu Rp 1,6 jutaan hingga Rp 1,9 jutaan. 

Keunggulan Kaca Jendela Patri, Inlay, dan Grafir :

Kaca ini sangat diminati karena sifat warnanya yang menarik. Kaca ini memiliki fungsi dekoratif hunian modern dimana beberapa pola gambar dipetakan di atasnya. Terbuat dari pecahan kaca dengan tambahan garam logam, yang kemudian disatukan dengan timah halus. Sangat cocok dijadikan sebagai hiasan jendela. Temukan berbagai harga kaca 12 mm terbaik di pasangkaca.com dengan berbagai pilihan jenis kaca sesuai kebutuhan. 

Share:

Postingan Populer

Label

Recent Posts

Label Cloud