Apa Itu Investasi dan Jenis Investasi Apa yang Terbaik Untukmu?

 

Apa Itu Investasi

Saat ini, banyak sekali orang tertarik melakukan investasi. Apa itu investasi? Investasi secara umum adalah penanaman dana atau asset yang dilakukan perorangan atau perusahaan untuk jangka waktu tertentu guna memperoleh imbal balik lebih besar di masa mendatang. Dalam aktivitas investasi, ada banyak hal yang terlibat termasuk jumlah dana & tujuan dari investasi itu sendiri.

Pengertian Investasi

Singkatnya, investasi merupakan sebuah cara mengembangkan jumlah harta atau uang yang kamu miliki saat ini. Di sini, kamu bermaksud untuk mendapatkan dana lebih dari keuntungan di masa mendatang untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Misalnya, kamu ingin membangun rumah, membuka usaha, atau menyekolahkan anggota keluarga dari hasil investasi.

Menurut OJK, investasi adalah penanaman modal dalam jangka waktu tertentu untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian surat berharga untuk memeperoleh keuntungan (return).

Pasa Saja Jenis Investasi?

Jenis investasi sangat beragam dan semakin banyak macamnya seiring berkembangnya zaman. Beberapa jenis investasi yang bisa kamu lakukan adalah investasi emas, investasi property, investasi reksa dana, investasi saham, investasi obligasi, investasi valuta asing, investasi cryptocurrency, investasi syariah, dan investasi deposito.

Tips dalam Berinvestasi

Jika kamu mau mencoba mulai berinvestasi, pastikan untuk memperhatikan hal-hal penting di bawah ini:

Memahami resiko yang dapat terjadi sebagai investor & jenis investasi yang dipilih

Mengetahui jumlah modal yang dapat kamu siapkan

Mempertimbangkan jangka waktu investasi

Tidak bertindak spekulatif

Jangan tergesa-gesa. Penting untuk memahami dan melakukan riset mendalam, termasuk tentang instrumen yang paling potensial.

Panduan dalam Berinvestasi

Sebagai tahap awal dalam memulai investasi, fokuslah pada beberapa poin dasar berikut ini:

Punya tujuan yang jelas

Tujuan berinvestasi sangat penting karena jika kamu tak punya tujuan, maka sulit bagi kamu untuk menentukan Langkah yang harus diambil selanjutnya. Tujuan akan sangat berpengaruh pada investasi yang sebaiknya diambil, termasuk di mana kamu ingin berinvestasi, jenis investasi yang dipilih, hingga jangka waktunya.

Persiapan modal

Modal adalah asset atau dana yang kamu punya sekarang. Saat ini, beragam investasi bisa dimulai dengan modal 100 ribuan rupiah atau bahkan kurang. Karena tiap investasi pasti ada resikonya, pastikan untuk tidak menggunakan semua uang untuk berinvestasi. Penting untuk tetap menyisihkan uang untuk kebutuhan sehari-hari dan dana darurat.

Memahami resiko

Segala sesuatu yang berkaitan dengan perputaran uang tak bisa lepas dari faktor untung-rugi. Saat kamu memutuskan untuk mulai melakukan investasi, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah dana, baik untuk memulai maupun untuk proses kedepannya. Yang penting, jangan sampai kamu berhutang untuk melakukan investasi.

Perlu kamu ketahui, ada investasi yang memiliki resiko tinggi, ada pula investasi dengan resiko rendah. Umumnya, imbal balik (return) akan selalu beriringan dengan resiko (risk).

Apa Manfaat Investasi?

Melawan inflasi

Tiap tahun terjadi inflasi sehingga nilai mata uang terus menurun. Jika tak punya investasi, nilai uangmu akan terus tergerus tiap tahunnya. Itulah kenapa kamu perlu punya investasi dengan nilai return lebih tinggi dari inflasi.

Sebagai sumber pemasukan tambahan

Secara tidak langsung, investasi bisa menjadi tambahan sumber pemasukan. Jadi, sebaiknya sisihkan gaji bulananmu untuk melakukan investasi.

Mencapai tujuan finansial dengan lebih cepat

Contohnya, kamu butuh dana 100 juta untuk DP rumah. Dengan menabung 1 juta per bulan, kamu butuh waktu 8 tahunan. Tapi dengan melakukan investasi yang rata-rata imbal baliknya 12% per tahun, tujuan tersebut bisa tercapai kuran dari 6 tahun.

Danai UKM & Dapatkan Bunga 10,5% per Tahun!

Di era digital sekarang, kamu bisa mengembangkan dana dengan cara lain, yakni lewat platform P2P Lending Indonesia. Melalui platform tersebut, kamu dapat memberikan dana sebagai modal kepada UKM yang membutuhkan sekaligus menikmati bunga pinjamannya. Jadi, dana yang diberikan akan diterima lagi beserta bunganya. Melalui platform Akseleran, kamu bisa melakukan investasi P2P Lending  mulai dari 100 ribu rupiah saja. Sudah berizin OJK, keamanannya jelas terjamin. Bunga yang didapatkannya juga lumaya, hingga 10,5% / tahun.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Label

Recent Posts

Label Cloud